teknik sipil

Mahasiswa Pembangunan infrastruktur di Indonesia gencar dilakukan oleh pemerintah dan juga pihak swasta. Oleh sebab itu tidak heran jika lulusan Teknik Sipil akan menjadi incaran banyak perusahaan dengan potensi karir dan gaji tinggi. Hal ini terjadi karena Teknik Sipil merupakan ilmu terapan yang mencakup teknologi merancang, membangun, dan memelihara serta memperbaiki bangunan.

Pengerjaan mulai dari rumah sederhana dan gedung bertingkat, jembatan, bendungan, tata cara keselamatan menggunakan full body harness, hingga pekerjaan lalu lintas dan infrastruktur, jembatan, bendungan, irigasi, infrastruktur produksi, hingga fasilitas lepas pantai seperti anjungan minyak lepas pantai, serta berbagai fasilitas pembangkit listrik dan transmisi. Pada prinsipnya ilmu yang diperoleh mahasiswa di program sarjana ini akan banyak berkaitan dengan fisika terapan, khususnya mekanika. Oleh karena itu, siswa juga dituntut untuk menguasai prinsip-prinsip matematika.

Walaupun ada banyak program software yang mendukung proses perhitungan, mahasiswa akan selalu ditekankan tentang pentingnya menguasai pengetahuan dan memahami prinsip-prinsip dasar teknik. Selain mempelajari ilmu teknik untuk keperluan desain, konstruksi, dan pemeliharaan struktur bangunan,  program gelar teknik sipil juga akan mempelajari berbagai aspek manajemen konstruksi. Tanpa berbasa-basi lagi, berikut beberapa pekerjaan yang bisa dicapai oleh lulusan teknik sipil.

Surveyor

kontrol bangunan Prospek pekerjaan pertama untuk teknik sipil adalah menjadi surveyor kontrol bangunan. Profesi ini cocok untuk mereka yang senang bekerja dengan detail dan tertarik pada pekerjaan bangunan dan konstruksi. Sebagai surveyor kontrol bangunan, adalah tugasnya untuk memastikan bahwa semua hukum dan peraturan  yang berlaku dapat dipenuhi oleh konstruksi yang sedang berlangsung.

Jika Anda menemukan bangunan yang tidak memenuhi persyaratan tersebut, sudah menjadi tugas Anda sebagai profesional kontrol bangunan untuk memberikan solusi kepada pelanggan. Surveyor juga akan membantu mengatur dokumen izin jika diperlukan dan harus memeriksa fondasi dan  drainase situs yang akan dibangun. Tentunya pekerjaan ini akan diarahkan pada keselamatan semua pihak agar pada saat pengerjaan konstruksi tidak ada kendala.

Konsultan konstruksi

Kesempatan kerja  kedua untuk teknik sipil adalah sebagai konsultan konstruksi. Di bidang ini, sebagai lulusan teknik sipil, Anda dapat mengambil peran sebagai manajer proyek dengan tugas mengawasi dan mengelola konstruksi yang sedang berlangsung, mengelola penganggaran pembangunan, serta mengenali potensi risiko yang mungkin timbul dengan pembangunan yang sedang berlangsung. Tentu saja, prospek pekerjaan teknik sipil ini membutuhkan kreativitas  dan kemampuan yang lebih untuk merancang apa yang diinginkan klien.

Kontraktor

Insinyur Konstruksi Prospek pekerjaan insinyur sipil berikutnya adalah menjadi kontraktor konstruksi. Tugasnya adalah mewujudkan rencana yang digariskan oleh konsultan. Kemudian biarkan konsultan dan klien  melihat bagaimana situasi di lapangan dan menerapkan apa yang telah dilakukan oleh konsultan. Tugas  profesi ini menuntutnya untuk dapat mengelola secara profesional  semua sumber daya manusia dan  material dari lokasi konstruksi. Anda mungkin juga bertanggung jawab atas perencanaan Anda sendiri.

Site engineer

Prospek pekerjaan selanjutnya adalah sebagai site engineer. Tugasnya nanti adalah mencari lokasi pembangunan infrastruktur, baik  di atas maupun  di bawah tanah. Selain itu, posisi ini dapat membuat dan melaksanakan rencana yang berkaitan dengan konstruksi bangunan dan bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan area.

Itu dia beberapa dari sekian banyak peluang yang dimiliki oleh mahasiswa lulusan teknik sipil. Tiap perusahaan memiliki talent acquisition yang akan menyeleksi calon kandidat untuk masuk ke dalam perusahaan mereka.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.