Bumbu dapur adalah kunci utama untuk menghasilkan makanan yang sedap. Sayangnya banyak bumbu kering yang mudah sekali rusak ketika tidak tepat saat menyimpan.

Terkadang bumbu dapur tiba-tiba ditumbuhi jamur ataupun berbau apek padahal stok masih sangat banyak. Untuk itu penting bagi kita mengetahui cara menyimpan bumbu dapur dalam bentuk kering agar lebih tahan lama.

Bawang dan Rempah-Rempah Segar

Bawang serta rempah segar, mulai dari bawang merah bawang putih jahe, kunyit, lengkuas adalah ciri khas masakan nusantara. Di Indonesia rempah-rempahan ini sangat berlimpah.

Menyimpan bahan-bahan ini di toples bumbu yang kering dan tidak terpapar sinar matahari secara langsung akan membuat rempah-rempah ini lebih tahan lama.

Aneka Cabai

Kita mengenal banyak jenis cabai-cabean mulai dari cabai merah besar, cabe rawit, cabai keriting dan juga paprika. Cara menyimpan aneka cabe ini adalah dengan meletakkan cabe di wadah yang telah diberi tisu dapur bagian alasnya. Kemudian tutup rapat wadah dan simpan dalam kulkas. Capek yang hendak disimpan tidak perlu dicuci.

Biji-Bijian

Bumbu yang berbentuk biji-bijian ada banyak macamnya mulai dari ketumbar, merica, cengkeh, pala, jintan dan yang lainnya. Bumbu jenis ini juga mudah sekali rusak dan berjamur namun terkadang musuh utama dari bumbu-bumbu ini adalah serangga.

Penyimpanan biji-bijian ini bisa dengan cara memasukkan di dalam toples atau kaca yang ditutup rapat. Jangan lupa pastikan udara ruangan tidak terlalu lembab.

Udara yang lembab bisa menjadikan bumbu-bumbu dapur ini berjamur dalam waktu yang singkat. Untuk bisa memudahkan jangan lupa beri label nama di masing-masing toples bumbu.

Aneka Dedaunan

Jenis bumbu dapur yang berbentuk daun diantaranya daun jeruk, daun salam, daun kunyit, daun kari, seledri dan yang lainnya. Daun-daunan ini berfungsi untuk menambahkan cita rasa dalam setiap masakan.

Namun penyimpanan dari daun-daunan ini memerlukan cara khusus. Berbeda dengan jenis bumbu yang lainnya, daun-daunan lebih rentan untuk berubah warna dan kering ataupun layu. Setelah membeli sebaiknya segera simpan di dalam wadah yang tertutup dan letakkan dalam kulkas.

Bumbu Dapur Bubuk

Meski praktis namun bumbu yang telah dihaluskan dalam bentuk bubuk akan mudah menggumpal dan berbau apek atau pun juga dikerumuni serangga apabila tidak disimpan dengan cara yang benar.

Penyimpanan paling tepat untuk bumbu dalam bentuk bubuk adalah di dalam toples bumbu kedap udara dan tertutup rapat. Setelah itu Simpan di tempat yang aman dan tidak terkena cahaya matahari secara langsung.

Bagi kalian yang ingin mengisi dapur dengan aneka pernak-pernik yang cantik, Grinn Living adalah salah satu solusi terbaik. Di Grinn living kalian bisa menemukan aneka wadah untuk keperluan dapur di rumah.

By admin

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.